MENULIS NOVEL YANG BAIK DAN BENAR – Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Setuju? Dengan menulis kita akan banyak mempelajari sesuatu hal yang sangat berguna dalam kehidupan. Dengan menulis juga kita bisa berbagi kisah kepada banyak orang. Dari setiap kisah yang kita bagikan dalam bentuk karya tulis tentu saja memiliki banyak manfaat baik yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan dan bahkan insipirasi.

Dari setiap kisah dalam kehidupan yang kita jalani atau kisah orang lain serta sebuah kisah yang kita ciptakan dalam dunia khayal kita tentu akan dapat berguna apabila cerita tersebut dibagikan dalam karya tulis. Novel adalah salah satu karya tulis yang dapat menjadi pilihan dalam mengabadikan setiap cerita. Novel memiliki banyak genre, yaitu komedi, fantasi dan juga horor.

Dari genre-genre tersebut pilihlah yang paling kamu sukai atau pilihlah sesuai dengan karakter kamu. Karena mengembangkan cerita berdasarkan apa yang disukai tentu akan mempermudah prosesnya. Dimana ide terus menglair kedalam setiap untaian kata demi kata yang akan berwujud cerita. Menulis novel bukanlah perihal yang sulit ketika kemauan, niat dan usaha diatas segalanya.

Yang sulit itu adalah pikiran negative yang sontak meracuni otak akan kegagalan dalam menulisnya. Apabila kamu menyerah sebelum mencoba, bagaimana kamu bisa mengetahui hasilnya. Hal tersulit dalam menulis ialah memulai. Nah, apabila sudah mengentahui titik permasalahannya maka cobalah untuk memulai apa yang ingin kamu menulis. Tertarik menulis novel? Maka mulailah.

Baca Juga : Perbedaan penerbit Indie dan Penerbit Mayor

cara menulis novel

cara menulis novel

 

Menulis novel bukanlah suatu hal yang dapat dilakukan semaunya saja, ada beberapa hal yang memang harus sesuai dengan penulisannya. Menciptakan novel yang baik dan benar memiliki bebrapa komponen yang harus ada didalamnya. Apa sajakah komponen tersebut. Berikut uraiannya.

  1. Penokohan
  2. Karakterisasi
  3. Alur
  4. Setting
  5. Sudut pandang
  6. Konflik dan klimaks

Apabila kamu telah menerapkan setiap komponen yang harus ada didalam sebuah novel sangat penting bagi kamu untuk mengetahui metode menulis novel yang baik dan benar.

MENULIS NOVEL YANG BAIK DAN BENAR

  1. Menciptakan dunia fiksi
  • Mencari inspirasi

Menulis novel yang baik dan benar tentu saja sangat didukung dengan kualitas dari novel yang dihasilkan. Untuk itu, selaku penulis kamu harus mencari inspirasi dalam menghasilkan karya tulis. Terdapat berbagai sumber inspirasi yang dapat kamu jadikan sumber dalam menulis.

Misalnya sebuah kejadian, sebuah tempat, sumber buku atau novel dan juga bagi yang menyukai musi tentu saja mendengarkan music dapat menjadi pilihan untuk mencari inspirasi.

  • Tentukan genre dalam novel

Ada begitu banyak bentuk genre dari novel, novel ayng bergenre horor, fantasi ataupun komedi serta lainnya. Dari sekian banyak genre novel yang ada maka tentukanlah, namun alangkah lebih baiknya apabila kamu memilihgenre novel yang sesuai dengan karakter kamu atau genre yang benar-benar kamu sukai. Karena melakukan sesuatu yang disukai akan menimbulkan efek keberhasilan yang tinggi.

  • Tentukan setting pada novel

Setting dalam novel teramat penting, karena hal tersebut yang akan menjadikan gambar tentang tempat dan waktu dari cerita yang ada didalam novel. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan setting cerita dalam sebuah novel.

  • Ciptakanlah karakter-karakter dalam novel

Menciptakan karakter dalam novel merupakan hal terpenting, karena dari karakter-karakter yang ada akan membuat novel menjadi cerita yang menarik. Karakter akan menghidupkan suasana dalam sebuah novel. Menciptakan karakter yang bervariasi serta berkaitan satu sama lain tentu akan menjadikan novel lebih banyak cerita.

  • Tentukanlah sudut pandang

Sudut pandang dalam cerita memang salah satu unsure yang penting. Oleh karena itu tentukanlah sudut pandang sesuai dengan kebutuhan dari cerita dalam novel.

Baca Juga : 6 Sikap Yang Menyebabkan Buku Kamu Tidak Terbit

  1. Membuat draf novel
  • Buatlah garis besar cerita

Garis besar dalam cerita pada novel tentu saja akan memberikan gambaran yang akan mempermudah proses dalam menulisnya. Untuk itu, buatlah garis besar dari cerita yang akan kamu tulis dalam sebuah novel. Tulisah setiap bagian-bagian dimana cerita dapat dikembangkan dengan menarik.

  • Manajemen waktu untuk menulis

Waktu adalah kunci terpenting dalam menulis. Kamu harus mengelola waktu senggang yang kamu miliki sebaik mungkin. Apabila kamu memiliki rutinitas dalam hari-harimu maka buatlah jadwal rutin dimana waktu tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menulis novel .

  • Lakukan riset

Apabila cerita dari novel yang akan kamu tulis berdasarkan kisah nyata maka kamu sangat perlu melakukan penelitian terhadap kebenaran cerita tersebut. Kamu juga dapat melakukan riset dengan membaca novel yang telah ada sebagai pedoman kamu dalam menulis novel.

Apabila cerita yang kamu tulis hanyalah fiktif belaka kamu juga perlu untuk melakukan riset dengan membaca beberapa sumber yang dapat kamu jadikan refrensi dalam menulis cerita pada novel.

  • Tulislah draf pertama

Draf pertama dari apa yang dapatkan, tulislah hingga menjadi cerita yang menarik untuk dibaca. Dari setiap tahapan metode dalam menulis novel tentu saja akan mempermudah kamu dalam menulisnya. Menghasilkan karya tulis novel yang baik dan benar bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu apabila kamu berhasil mencapai tahapan itu maka jalan kesuksesan akan semakin terbuka lebar. Tulislah apa yang ada sudah kamu susun dengan rapi, jadikanlah cerita-cerita indah, menarik, seram atau lainnya sesuai dengan genre novel yang kamu pilih. Tuntunlah jari jemarimu untuk meluapkan segala ide yang tercurah dari otak. Biarkan semuanya bekerja dengan caranya.

  1. Merevisi novel

Proses perbaikan atau revisi tentu saja tak pernah terlepas dalam karya tulis apapun. Dalam novel kamu juga harus dituntut untuk lebih cermat, kamu harus memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam menulis. Lakukanlah revisi pada novel yang telah kamu tulis. Terutama sebelum kamu berpikiran untuk mempublikasikannya maka perbaikilah setiap kesalahan-kesalahan baik dalam penulisan atau gaya bahasa yang menurutmu kurang sesuai.

Kamu dapat meminta bantuan seorang teman atau seorang tutor penulis yang lebih berpengalaman. Hal tersebut akan menghindarkan kamu dari berbagai kesalahan dalam menulis. Merevisi novel merupakan salah satu elemen terpenting dalam menulis.

Baca Juga : Tips Rahasia Penulis Sukses Yang Sering Diabaikan Penulis Pemula

Dari setiap komponen serta metode yang ada didalam novel, apabila dapat kamu pahami dan kamu terapkan dalam menulis novel, maka hal tersebut akan membantu kamu dalam menghasilkan novel yang baik dan benar. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa tips yang dapat mempermudah kamu untuk menulis novel yang baik dan benar.

  1. Perbanyaklah membaca
  2. Carilah inspirasi dalam menulis
  3. Jangan menunda-nunda pekerjaan
  4. Kembangkanlah daya imajinasi yang kamu miliki
  5. Berkreasilah dalam menulis

Bagaimana sahabat? Dari berbagai penjelasan yang ada, dari masing-masing tiap poin harus benar-benar dipahami ya. Menulis novel yang baik dan benar akan memiliki banyak manfaat bagi kamu, bahkan novel kamu bisa jadi best seller. Pasti mau kan? Tunggu apalagi segerakanlah !! Selamat berkarya..

Mau belajar Menulis NOVEL Langsung bersama ASMA NADIA dan HELVY TIANA ROSA ? Silahkan bergabung bersama Asma Nadia di >> Kelas Novel Online <<