Strategi Untuk Menulis Buku Yang Baik dan Benar – Sebelumnya, tau nggak sih bentuk tulisan yang baik dan benar itu seperti apa? Tulisan yang baik dan benar ialah memiliki beberapa ciri-ciri yaitu yang pertama tulisan yang berkarakter maksudnya apabila pembaca membaca tulisan tersebut maka pembaca dapat merasakan karakter penulisnya. Kedua, tulisan yang memilki ide dan gagasan, yaitu tulisan yang dapat menggerakkan pikiran pembaca. Dan yang ketiga ialah tulisan yang memiliki nilai manfaat langsung kepada pembacanya ketia ia membaca tulisannya. Nah untuk menciptakan tulisan yang memenuhi criteria yang baik dan benar tentu kita harus punya strategi dalam menciptakan tulisan yang baik dan benar. Berikut cara menyusun strategi untuk menghasilkan tulisan yang baik dan benar :

  1. Tulisan yang bergizi. Bukan makanan saja yang bergizi namun hal tersebut juga berlaku untuk tulisan, untuk menciptakan tulisan yang bergizi maka kita harus rajin membaca tulisan yang bergizi. Tulisan bergizi yang dimaksud ialah tulisan yang kaya akan kosa kata serta pengetahuan. Apabila tulisan kita bergizi tentu akan melahirkan potensi yang tinggi dalam tulisan kita.
  2. Setelah membaca tulisan yang bergizi tuangkanlah serta kembangkanlah apa yang kita dapatkan dari membaca tulisan tersebut. Jangan hanya disimpan dalam pikiran saja. Apabila kita mampu menuangkan apa yang kita dapatkan dari membaca tulisan bergizi tadi tentu kita akan lebih kreatif dari tulisan yang kita baca tadi.
  3. Menulislah dengan teratur serta hindari pekerjaan deadline dalam menulis karena kebanyakan dari factor deadline tulisan yang dihasilkan tidak memiliki hail yang bagus.
STRATEGI MENULIS YANG BAIK DAN BENAR

STRATEGI MENULIS YANG BAIK DAN BENAR

Strategi Untuk Menulis Buku Yang Baik dan Benar

Dari tiga strategi diatas cukup memberikan penerangan bukan mengapa dalam segaal hal kita harus memiliki strategi. Menulis adalah suatu hal membutuhkan kesabaran, karena proses dan waktnya tidak berlangsung secara instan. Ide atau gagasan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dituangkan kedalam kata-kata. Sehingga tidak jarang banyak orang yang berhenti menulis karena pikiran yang mentok dalam artian sulit mengeluarkan ide dan gagasan. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka langkah yang dapat dilakukan ialah dengan menyusun strategi sebaik mungkin guna berjalannya terus ide dalam berkarya melalui tulisan. Selain menyusun strategi yang matang ada tahap-tahap yang dapat dilakukan oleh penulis agar tulisan yang dihasilkan sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Berikut lima tahapan menulis yang baik dan benar :

  1. Membuat kerangka tulisan atau outline

Membuat outline merupakan keharusan bagi penulis, karena dengan caratersebut dapat memudahkan penulis untuk membatasi tulisan tetap pada topic bahasan sehingga tidak akan melebar kemana-kemana. Ada dua teknik yang dapat dilakukan dalam membuat kerangka tulisan yakni dengan menggunakan mind mapping dan brainstorming.  Dari kedua teknik tersebut pilihlah yang menurutmu mudah atau apabila masih kesulitan untuk menemukan ide tau gagasan maka kamu dapat melihat contoh tulisan yang sejenis yang berkaitan dengan topic pembahasan yang ingin kamu bahas. Jadikan itu sebagai refrensi untuk mengembangkan ide kamu. Dengan cara ini dapat mempermudah kamu dalam membuat hasil buku yang lebih tertata rapi dan lengkap.

  1. Membuat draf tulisan

Setelah membuat kerangka tulisan maka tahapan selanjutnya ialah dengan menulis apa yang ada dalam pikiran kamu yang dituangkan kedalam tulisan. Menulislah dengan menggunakan teknik menulis bebas, apabila terdapat kesalahan kata atau huruf dalam penulisan maka abaikan saja dulu. Intinya apa yang ada didalam pikiran kamu tuangkanlah dalam tulisan tersebut. Mengapa menggunakan teknik menulis bebas?

Strategi Untuk Menulis Buku Yang Baik dan Benar

Karena ada tiga alasan yang harus kamu ketahui yaitu yang pertama, dengan menggunakan teknik menulis bebas kamu akan bebas menuangkan ide dan gagasan kamu secara murni kedalam tulisan tersebut. Kemudian yang kedua, dengan menggunakan teknik bebas kamu dapat mengukur sejauh mana tingkat pengetahuan serta pemahaman kamu terhadap topic pembahasan yang kamu tulis. Kemudian yang ketiga, dengan menggunakan teknik menulis bebas kamu dapat lebih cepat dalam proses tulis menulis sehingga akan menghasilkan karya yang lebih cepat pula.

Apakah teknik menulis bebas ini berlaku untuk diterapkan pada setiap jenis tulisan? Tentu saja, karena dengan menggunakan teknik menulis bebas penulis akan lebih cepat menghasilkan karya-karyanya. Inti dari menulis sebenarnya terletak pad aide dan gagasan dari penulis itu sendiri. Sehingga dengan memakai teknik menulis apapun tak menjadi masalah karena hal terpenting dari menulis ialah terletak pada bagaimana penulis tersebut mencurahkan segenap idenya dalam tulisan tersebut. Namun, teknik menulis cepat dapat dijadikan solusi efektif untuk menghasilkan tulisan yang baik dan benar.

  1. Melakukan revisi atau perbaikan

Setelah tahapan seperti yang dijelaskan sebelumnya sudah dilewati maka tahapan selanjutnya ialah mengoreksi serta memperbaiki setiap kalimat, kata maupun huruf-huruf yang salah. Hal tersebut mencegah terjadinya kesalahan dalam penulisan dan dapat membuat tulisan kita berkualitas.

  1. Lakukan editing sebagai bentuk penyempurnaan

Editing dilakukan dengan tujuan agar kita lebih teliti dan jeli lagi dengan tulisan yang telah kita tulis, baik kesalahan dalam huruf maupun katanya serta kalimat-kalimat yang memeang masih rancu dan sulit dimengerti. Hal tersebut dapat meminimalisir kesalahan yang dapat menimbulkan ketidak mengertian pembaca dengan tulisan kita. Tulisan yang baik dan benar bebas dari kesalahan penulisan.

  1. Buat judul tulisan

Dalam pembuatan judul tulisan, hendaklah dengan mengambarkan isi tulisan tersebut secara keseluruhan, gunakan kata-kata yang menarik perhatian pembaca, buatlah sekreatif mungkin.

Baca juga : Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula

Strategi Untuk Menulis Buku Yang Baik dan Benar

Begitulah lima tahapan dalam menulis yang baik dan benar, masing-masing dari setiapnya harus benar-benar diterapkan karena untuk menghasilkan tulisan yang baik dan benar membutuhkan ketilitian serta kedisiplinan yang tinggi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tulisan yang baik dan benar adalah tulisan yang memiliki ide dan gagasan yang bagus dan mudah dimengeti.

Karena hal tersebut akan sangat membantu menciptakan karya yang berkualitas. Ide memanglah sesuatu yang mahal, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk merealisasikan apa yang didalam pikiran mereka melalui dunia tulis menulis. Kesabaran yang ekstra serta ketekunan yang tinggi dapat membuat keberhasilan tersendiri dalam membuat karya tulis yang luar biasa.

Menulis bukanlah satu hal yang gampang untuk dikerjakan. Begitu juga dalam perihal menulis yang baik dan benar. Segala hal sudah seharusnya memiliki strategi karena strategi itulah yang membuat kita terus bertahan dalam setiap keadaan, strategi pulalah yang mendorong serta memacu semangat untuk terus berjuang. Menulis yang baik dan benar suatu keharusan bagi setiap penulis.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat mendatangkan manfaat bagi pembacanya untuk mencapai hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Butuh ide dan gagasan yang menawan dalam penyusunan setiap kata demi kata dalam tulisan. Tulisan yang baik dan benar ialah tulisan yang memiliki runtutan kata demi kata yang sangat indah.

Meski kerap menggunakan istilah namun hal tersebut tidak akan merumitkan pembaca. Cukup sederhana bukan? Siapapun bisa menulis sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar. Dalam menghasilkan karya tulis yang indah maka kamu juga harus mempelajari proses keindahannya juga kan? Salam kreatif!!

Baca juga : 10 Tips Rahasia Penulis Sukses Yang Sering di abaikan penulis pemula