sumber foto: pxhere.com

Di Indonesia bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa. Amerika juga memiliki bulan yang diperuntukan bagi masyarakatnya yang menyukai sastra, khususnya novel. Amerika menjadikan bulan November sebagai National Novel Writing Month atau Bulan Menulis Novel Nasional. Tantangannya adalah menulis novel sepanjang 50.000 kata yang harus selesai selama satu bulan. Meskipun kamu tinggal di Indonesia, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin ikutan mencoba tantangan dalam NaNoWriMo. Bagaimana kamu dapat menyelasaikan novel 50.000 kata kamu dalam waktu 1 bulan? Cobalah beberapa trick berikut agar kamu berhasil dalam misi ini:

Menyusun Rencana Penulisan

Sebelum kamu mulai menulis, buatlah rencana yang akan kamu lakukan. Paling tidak kamu memiliki bayangan di dalam pikiran kamu. Tentukan ide tulisan yang akan kamu tulis ke dalam bentuk novel. Kamu dapat melakukan brainstorming ide demi mendapatkan ide novel yang sesuai.

Kamu dapat memilih menjadi seorang “Panster” atau “Planner” saat menulis novel. Jika kamu lebih cocok menjadi seorang Panster, maka kamu dapat langsung menulis di halaman kosong atau lembar kerja Microsoft Word kamu tanpa membuat outline atau mind map terlebih dahulu. Seorang Panster akan menulis berdasarkan imajinasi yang mereka miliki.

Namun, jika kamu tidak cocok dengan gaya penulisan seorang Panster, maka kamu dapat menulis dengan cara seorang Planner. Planner akan membuat outline tulisan yang berisikan topik dan sub topik yang akan ditulis. Misalnya, seorang Planner akan menentukan terlebih dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh tokoh, siapa saja tokoh utama dan karakter pendukung, dan konflik apa saja yang akan dihadirkan di dalam novel. Kemudian barulah ia menyusun semua topik dan sub topik ini menjadi satu cerita yang utuh.

Namun, jika kamu tidak cocok dengan menjadi seorang Planner yang menyusun semua dari awal hingga akhir atau Panster yang menulis berdasarkan apa yang ia pikirkan, maka kamu dapat menentukan gaya penulisan dan rencana penulisan kamu sendiri. Misalnya, kamu lebih suka menuliskan konflik utama terlebih dahulu, kemudian kamu menambahkan konflik-konflik pendukung, dan terakhir kamu membuat pendahuluan dan ending cerita.  

Apapun itu, tidak ada yang salah dengan cara penulisan yang kamu terapkan. Jika semuanya bermuara pada menghasilkan novel yang baik dan sesuai tujuanmu, maka kamu dapat memilih cara apapun. Hal yang paling penting adalah kamu memiliki ide awal yang akan ditulis dan kamu tahu bagaimana kamu akan menuliskannya.

Membangun Rutinitas

Karena kamu punya target untuk menyelesaikan novel tersebut dalam waktu satu bulan, maka kamu harus membuat jadwal penulisan kamu sendiri. Ini mungkin sedikit sulit untuk membangun dan mematuhi jadwal yang kamu buat. Akan tetapi, jika kamu melakukan hal ini dengan baik, ini merupakan salah satu cara yang akan kamu dapatkan untuk meraih kesuksesan dalam penulisan novel kamu.

Tentukanlah rutinitas menulis novel yang akan kamu jalani setiap hari. Tentukan waktu yang akan kamu gunakan untuk menulis novel di antara jadwal harian yang kamu miliki. Kamu mungkin dapat memilih pagi hari sebagai waktu menulis novel atau mungkin di tengah malam.

Pilih waktu yang menurut kamu adalah waktu yang paling produktif untuk mengeluarkan ide dan gagasan yang kamu miliki. Lakukan penulisan novel pada waktu ini setiap harinya. Jika kamu memang sibuk, kamu dapat meluangkan 15-30 menit saja. Hal yang paling penting adalah kamu rutin melakukannya setiap hari. Jika memang ada beberapa hari yang membuat kamu tidak dapat memenuhi jadwal ini, maka kamu dapat menyesuaikannya untuk waktu-waktu berikutnya.

Abaikan Kritikan yang Muncul Dalam Diri Kamu

Tidak sedikit penulis yang merasa memiliki banyak kekurangan yang membuat mereka ragu untuk menuliskan ide yang mereka miliki. Abaikan semua ini jika kamu juga mengalaminya. Kamu mungkin akan berpikir bahwa ini bukan ide yang baik atau gaya penulisan yang kamu miliki sangatlah buruk. Kamu harus tahu bahwa hampir semua penulis mengalami hal yang sama dengan kamu, sekalipun dia adalah penulis yang sudah mengeluarkan puluhan novel terkenal. Suara-suara dalam batin yang membuat kamu pesimis merupakan teman terdekat yang dimiliki semua penulis.

Jika setuju dengan suara-suara pesimis yang muncul di pikiran kamu, maka kamu akan menatap layar laptop kamu seharian tanpa menulis apapun. Saat kamu punya ide, maka tuliskanlah. Apapun nanti hasilnya kamu tetap dapat melakukan editing. Jika memang idenya buruk, mungkin kamu dapat menambahkannya dengan ide yang sebelumnya pernah kamu miliki. Cobalah untuk mempercayai ide dan gagasan yang kamu miliki.

Jangan Khawatir Jika Target Tidak Tercapai

Untuk mencapai lima puluh ribu kata dalam waktu satu bulan membuat kamu setidaknya harus menulis 1.667 kata setiap harinya. Hal ini merupakan sebuah komitmen yang cukup besar untuk dibuat, terutama jika kamu bukan orang yang terbiasa menulis dengan kecepatan tinggi. Kamu mungkin membutuhkan waktu berjam-jam dalam sehari untuk menuliskan seribu kata di atas lembar kerja Microsoft Word kamu.

Hal ini juga akan semakin menambah beban kamu saat kamu tidak menulis satu hari atau tidak mencapai target kata harian yang seharusnya kamu tulis. Jika kamu memiliki jiwa pesimis, maka hal ini mungkin dapat membuat kamu menyerah di minggu-minggu awal penulisan. Namun, hal yang paling penting adalah jangan menyerah!

Suatu yang sah-sah saja jika kamu ketinggalan beberapa kata dan tidak dapat mencapai target harian. Akan tetapi, kamu dapat menetapkan waktu satu atau dua hari yang kamu khususkan untuk mengejar ketertinggalan ini. Kamu mungkin dapat menyisihkan waktu akhir pekan kamu untuk menulis lebih banyak.

Mungkin juga kamu dapat menulis di malam hari saat kamu merasa kamu memiliki semangat dan fokus yang tinggi untuk menulis. Kamu dapat mengejar ketertinggalan kamu atau menulis lebih banyak untuk mengantisipasi kemungkinan kamu akan kesulitan menulis beberapa waktu mendatang.

Bersenang-Senanglah

Menulis, tentu saja menjadi hal yang menyenangkan karena kamu akan menuliskan ide-ide kreatif yang kamu miliki. Hal ini akan sangat memuaskan dan bermanfaat jika kamu bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menyukai kegiatan menulis yang kamu lakukan. Jika kamu menyukai dan senang dengan kegiatan yang kamu lakukan, maka kamu akan mudah menenangkan diri kamu dari stress target yang harus kamu capai di akhir bulan.

Kamu dapat menciptakan suasana menulis yang menyenangkan, misalnya dengan menyediakan banyak cemilan, tidur siang sebelum menulis, atau menonton youtube setiap sudah selesai menulis 500 kata. Lakukanlah hal-hal yang dapat memberikan motivasi kepada diri kamu sendiri. Motivasi ini sangat diperlukan, khususnya di hari-hari terakhir menjelang deadline yang sudah kamu tentukan.

Semakin mendekati akhir bulan biasanya motivasi ini akan semakin berkurang, sehingga kamu harus meluangkan waktu untuk merawat diri dan membantu kamu untuk memiliki semangat yang akan membuat kamu mampu mencapai tujuan akhirmu.

Manfaatkan Kesempatan Ini untuk Belajar

Tujuan yang sudah kamu buat dari awal adalah menciptakan novel 50.000 kata dalam waktu satu bulan. Namun, hal yang penting untuk kamu ingat adalah tidak peduli berapapun kata yang sudah kamu tulis saat akhir bulan, yang penting kamu sudah menuliskan ide yang kamu miliki di atas kertas atau lembar kerja Microsoft Word milikmu. Seperti semua hal lainnya, memulai merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Meskipun belum selesai sesuai dengan target yang kamu inginkan, namun kamu sudah berhasil memulai untuk menulis novel. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

Ada banyak alasan yang mungkin membuat kamu tidak mampu menyelesaikan penulisan novel kamu sesuai dengan deadline yang sudah kamu tentukan. Ada banyak aktivitas lainnya dalam keseharian kamu atau kondisi kesehatan kamu yang memang kurang baik selama satu bulan terakhir mungkin menjadi alasan tulisan kamu belum selesai.

Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menulis jika memang hal tersebut sulit untuk dilakukan. Selain itu, mungkin ini pertama kalinya kamu menulis sehingga kamu kesulitan mengatur waktu. Tenang! Ini baru percobaan pertama. Kamu dapat mencobanya lagi di beberapa bulan berikutnya. Namun, jangan lupa untuk menyelesaikan novel yang sudah kamu buat sebelumnya.