Tips Rahasia Penulis Sukses Yang Sering Di Abaikan Penulis Pemula – Hi, apa kabar penulis? Sudah berapa katakah yang sudah ditulis hari ini? Menjadi penulis bukanlah hal yang mudah seperti yang dibayangkan. Begitu banyak tantangan baik internal maupun eksternal yang harus dilalui oleh seorang penulis. Menjadi penulis sukses bukanlah proses yang dapat dilalui secara instan. Ketahuilah bahwa penulis yang sukses juga melewati rute perjalanan yang tidak mudah.

Untuk tetap bertahan dalam setiap permasalahan dalam menulis ialah hal terpenting dalam diri penulis. Sebenarnya factor utama yang mendukung kesuksesan seorang penulis itu terletak pada diri penulis sendiri. Bagi penulis pemula beberapa hambatan kerap terjadi dalam dirinya. Aktivitas menulis merupakan aktivitas yang harus dilakukan secara rutin guna menjaga pikiran untuk selalu fresh terhadap apa yang ditulisnya.

Untuk menjadi penulis yang sukses ada beberapa hal yang memang dibutuhkan oleh penulis pemula, hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Banyak membaca

Membaca adalah hal utama yang dibutuhkan oleh penulis. Dengan membaca dapat menambah pengetahuan serta membuka wawasan penulis terhadap sesuatu yang dibacanya. Membaca juga merupakan kegiatan yang dapat menambah refrensi penulis untuk menghasilkan karya tulis yang bagus. Bagi penulis membaca merupakan cara efektif untuk mengembangkan kemampuannya. Ada cara atau trik untuk penulis untuk mendapatkan informasi dari tulisan yang dibacanya yaitu penulis tidak perlu membaca secara keseluruhan melainkan membaca fokus pada tujuan informasi yang ingin didapatkan saja, dan membaca dapat menggunakan teknik membaca cepat. Setelah informasi dari tulisan tersebut di dapatkan, kumpulkanlah bahan demi bahan yang dapat dijadikan refrensi untuk kemudahan penulis untuk menulis.

Baca juga : 3 Strategi Untuk Menulis Buku Yang Baik Dan Benar

Tips Rahasia Menjadi Penulis Sukses

Tips Rahasia Menjadi Penulis Sukses

  1. Memilih genre tulisan

Dalam menulis sangat penting bagi penulis menentukan genre tulisan yang akan ditulisnya, seperti fiksi maupun nonfiksi. Mulailah menulis dari hal yang disukai karena hal terebut akan memudahkan penulis untuk menghasilkan karya tulis yang luar biasa.

  1. Menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif

Bagi pemula, menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif memang sangat mempengaruhi kesuksesan karirnya. Upaya yang dapat dilakukan penulis pemula ialah dengan mengikuti pelatihan menulis yang bisa dilakukan melalui seminar, lembaga kursus menulis secara langsung maupun secara online. Menjadi penulis sukses haruslah rajin, cekatan, ulet dan kerja keras. Karena kesuksesan tanpa semua itu akan sulit diraih.

  1. Menyisihkan waktu untuk menulis

Aktivitas menulis akan efektif jika memiliki jadwal yang terstruktur, alangkah baiknya jika menulis dilakukan setiap hari. Konsistensi menulis haruslah tinggi sehingga dapat memicu penulis untuk selalu bersemangat. Salah satu upaya untuk menjaga konsistensi menulis ialah dengan menyisihkan waktu khusus setiap hari untuk menulis walau hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Hal tersebut akan efektif untuk menulis bagi penulis pemula.

Baca juga : Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula

  1. Menentukan deadline

Deadline atau batas waktu memang sangat penting untuk penulis. Sebab hal itu dapat dijadikan target bagi penulis untuk menyelesaikan penulisannya. Deadline juga dapat menjadi salah satu bentuk upaya untuk menghindarkan penulis dari keteledoran. Karena itulah deadline memiliki peranan penting dalam menulis.

Nah udah tau kan apa saja yang dibutuhkan penulis untuk menjadi penulis yang sukses. Apabila kamu telah mengetahuinya maka tak cukup untuk sekadar tau, tapi terapkanlah. Hal tersebut akan memudahkan kamu untuk sukses dalam menulis, terutama bagi pemula. Ingatlah bahwa menajdi penulis yang sukses tidaklah mudah, tidak ada proses yang instan untuk menjadi penulis yang sukses. Dalam perihal menjadi penulis yang sukses, ada tips-tips yang juga bisa kamu terapkan untuk menjadi penulis yang sukses. Penasaran dengan tipsnya? Yuk simak, tips menjadi penulis yang sukses :

  1. Menulislah dengan teknis menulis ringkas, padat dan jelas. Apabila kamu sering menulis maka semakin lama kemapuan menulis kata demi kata yang dapat kamu tulis akan lebih mudah muncul dalam pikiran kamu dan lalu mampu mengalir dan tertuang dalam tulisan kamu. Kuncinya ialah banyak-banyaklah menulis dengan cara singkat, bebas, padat dan jelas karena hal tersebut dalam melatih kamu untuk lebih kreatif dan terampil dalam mengolah kata-kata yang tersaji dalam bentuk kalimat.
  2. Menulislah terus, jangan mengedit terlebih dahulu. Pisahkanlah antara menulis dan mengedit, karena dua hal tersebut dapat dilakukan secara terpisah untuk menjaga keefektifan kinerj otak dalam menulis.
  3. Tulisan dibagi dalam beberapa paragraf pendek, agar lebih memudahkan pembaca dalam memahami penyampaian pesan ataupun informasi yang ada dalam tulisan tersebut.
  4. Menulislah dengan tingkat kejelasan yang tinggi, maksudnya ialah menulis dengan jelas apa-apa yang menjadi topik pembicaraan, menulis dengan spesifik agar tidak melebar kemana-mana. Menjaga topik pembicaraan dengan efektif agar pembaca dapat mengerti secara jelas maksud dan tujuan dari tulisan tersebut.
  5. Menulislah dengan bahasa yang komunikatif. Hal tersebut ditujukan agar mudah dipahami oleh pembaca dari semua kalangan. Hindarilah menulis dengan menggunakan istilah-istilah ilmiah yang sulit dimengerti kecuali penulisan buku yang memang memiliki target sasaran untuk kalangan tertentu. Penggunaan bahasa yang komunikatif dinilai paling efektif diterapkan dalam proses menulis. Karena pada dasarnya setiap penulis menginginkan karyanya mudah dipahami serta penyampaian pesan atau makna dapat terserap dengan baik oleh pembaca.
  6. Menulislah dengan kandungan pesan yang kuat, hal ini ditujukan apabila menulis dengan mengembangkan ide pokok yang jelas. Sehingga pesan yang kuat tentu akan mempertajam maksud dan tujuan dari tulisan tersebut.
  7. Dalam menulis tunjukanlah sesuatu bukan menceritakan sesuatu. Hal tersebut membuat pembaca akan lebih tertarik, karena mereka akan mengetahui apa yang belum diketahui dan itu salah satu alasan penting bagi pembaca untuk membaca karya tulis penulis. Oleh karena itu, tunjukkanlah jangna ceritakan, Show And Don’t Tell!!.
  8. Menulislah dengan kejujuran, apabila kita menulis dengan jujur maka makna dari tulisan tersebut akan tersampaikan dengan baik. Kesederhanaan kata demi kata yang tertuang akan menyakinkan pembaca tentang sesuatu yang benar-benar terjadi dalam tulisan tersebut. Menulis dengan jujur dapat membuat kualitas tersendiri dalam tulisan tersebut.
  9. Menulislah dengan semangat yang tinggi, salah satu tips menjadi penulis sukses yang efektif yaitu semangat yang terus berkobar untuk menghasilkan karya yang luar biasa.
  10. Membaca dan membaca, tips menulis yang sukses ialah dengan membaca. Sebelum kamu menghasilkan karya maka hal terpenting yang harus dilakukan memperkaya dirimu sendiri yaitu dengan membaca. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan kamu yang sangat berguna untuk menghasilkan karya tulis yang luar biasa.

Nah, sudah tau kan tips menjadi penulis yang sukses. Masih ragu untuk menjadi penulis? Hakikatnya setiap orang memiliki potensi untuk sukses. Siapapun bisa kembali lagi pada kemauan yang keras serta proses belajar yang terus menerus dilakukan. Menjadi penulis yang sukses merupakan impian bagi setiap penulis, dimana mahakaryanya dapat dibaca semua orang dan bermanfaat bagi orang lain. Masih bermimpi menjadi penulis sukses? Teruskanlah mimpi itu, dan raihlah serta wujudakan. Salam sukses!!

Dapatkan Panduan Menulis 40 Hari Di Jamin 1 Naskah KLIK DISINI