Jurus Jitu Terbitkan Buku Dengan Self Publishing – Diera teknologi yang serba cepat dan tepat, memicu lahirnya banyak alternative dalam segala bidang. Salah satu contohnya ialah dalam hal penerbitan naskah dalam bentuk buku. Menulis adalah caranya yang tepat dalam mengabadikan sebuah cerita.

jurus jitu terbitkan buku dengan self publishing

jurus jitu terbitkan buku dengan self publishing

Jurus Jitu Terbitkan Buku Dengan Self Publishing

Salah satu jalan untuk menjadikan sebuah naskah dalam bentuk buku sehingga dapat dibaca oleh banyak orang ialah dengan mengirimkan naskah tersebut kepenerbit buku untuk diterbitkan. Namun, tidak semua naskah penulis dianggap layak untuk diterbitkan oleh penerbit dalam skala besar.

Kalaupun memang diterbitkan namun belum tentu akan mampu bersaing dipasaran. Karena hal itulah pemilihan naskah harus benar-benar selktif. Namun fenomena tersebut terjadi pada dahulu. Kini telah hadir jasa penerbitan buku mandiri atau yang dikenal dengan self publishing.

Meskipun penerbitan mandiri tidak semata-mata kita harus mengerjakannya sendiri melainkan self pulisihing ini merupakan penerbit buku dan media lainnya dalam skala yang kecil. Melalui self publishing ini kamu tidak perlu takut naskahmu akan ditolak, selain itu melalui media self publishing penulis turut andil dalam menerbitkan bukunya.

Baca Juga : Tahapan Penting  Editing Buku Bagi Pemula

Melalui self publishing juga membuat penulis bebas dari antrian panjang seperti halnya penerbit mayor atau penerbit dalam skala besar. Self publishing memberikan kemudahan berkarya dalam dunia tulis menulis.

Bagi penulis memilih self publishing ialah jurus jitu yang dapat dijadikan alternative pilihan utama dalam menerbitkan naskah dalam wujud buku. Untuk itu, ada beberapa langkah yang harus dilewati untuk menerbitan buku sendiri atau self publishing. Berikut step by step self publishing :

  1. Menyiapkan naskah

Langkah awal dalam tahapan self publishing ialah menyiapkan naskah yang akan kita bukukan. Naskah yang sudah tersusun rapi siap untuk diterbitkan. Namun sebelumnya, kita juga harus pandai menganalis naskah yang kita buat misalnya temanya, serta sasaran buku tersebut ditujukan kepada siapa.

Pastikan bahwa naskah yang kita tulis benar-benar memiliki daya tarik yang besar agar dapat mencapai target yang kita inginkan.

  1. Menyiapkan dana

Dalam perihal self publishing tentu perihal dana atau modal memang tak dapat dihindari. Dana yang diperlukan dalam self publishing ini tergantung spesifikasi buku yang akan kita terbitkan misalnya ketebalan buku, biaya percetakan serta biaya-biaya lain yang memang diperlukan dalam memproduksi buku. Tentu besaran dana yang dibutuhkan tergantung lagi dengan bagaimana spesifikasi buku yang hendak kita terbitkan.

  1. Menciptakan nama dan logo penerbitan

Dalam penerbitan buku melalui self publishing tentu dalam hal menciptakan nama dan logo adalah sesuatu yang harus dipikirkan. Usahakan untuk memberikan nama dan logo yang mengandung makna yang mendalam namun mudah diingat, karena hal tersebut akan mempengaruhi brand buku yang kita miliki.

  1. Melayout naskah

Dalam menerbitkan sebuah buku, melayout naskah adalah pekerjaan penting yang harus diselesaikan penulis ketika ingin naskah tersebut diterbitkan. Naskah memang harus dilayoutkan sesuai dengan ukuran serta style yang unik dan kreatif sebagai wujud memicu ketertarikan buku yang akan kita terbitkan.

Karena buku tidak hanya memiliki isi yang menarik saja, namun harus ditunjang dengan bentuk kemasan serta cover yang menarik perhatian. Apabila kamu mengalami kesulitan dalam melayout naskah maka kamu bisa menggunakan Jasa Order Layout Naskah namun pastikan jasa tersebut sudah berpengalaman dengan begitu kamu cukup memberikan bahan mentahnya saja lalu kemudian kamu cukup menyampaikan ukuran dan style yang kamu inginkan.

Baca Juga : Kesalahan Yang Kerap Dilakukan Oleh Penulis Self Publishing

  1. Membuat desain cover

Cover dalam sebuah buku memang sangat menentukan penjualan buku, karena buku yang memiliki cover yang menarik akan lebih banyak dilirik oleh pembaca. Hendaklah mendesain cover dengan sekreatif mungkin tetapi harus disesuaikan juga dengan isi buku yang akan diterbitkan.

  1. Mengurus ISBN

ISBN merupakan international standart book number. Hal tersebut tidak memerlukan biaya yang mahal bahkan sudah digratiskan oleh pemerintah. Hal tersebut ditujukan agar naskah buku yang kita terbitkan memiliki legalitas.

Namun, apabila merasa ribet untuk mengurusnya. Kita bisa menggunakan Jasa Penerbitan ISBN untuk menguruskan ISBN untuk naskah kita.

  1. Menetukan kualifikasi buku

Apabila layout serta cover sudah selesai maka langkah berikutnya ialah menentukan kualifikasi buku yang akan kita terbitkan. Kualifikasi yang dimaksud ialah misalnya jenis kertas yang digunakan, model mencetak halaman buku dalam bentuk apa misalnya kalkir atau film.

Hal tersebut termasuk urgent dalam menerbitkan buku. Karena buku yang dikemas dengan tampilan yang menarik akan lebih mencuri perhatian pembaca. Untuk itu, tampilan buku juga harus mantap dan serasi dengan isi buku.

  1. Mencetak dan mengemas buku

Dalam proses pencetakan buku hendaklah memilih percetakan yang memang sudah memiliki reputasi baik dalam mencetak buku. Karena, akan berakibat fatal apabila percetakan tersebut tidak memiliki kualitas yang baik dalam mencetak buku.

Tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil cetakan buku kita. Untuk itu, dalam memilih percetakanpun harus berhati-hati ya. Setelah buku sudah dicetak tentu harus dikemas, upayakan untuk mengemas buku serapi mungkin akan lebih bagus jika menggunakan media plastic agar buku tampak lebih rapi dan menarik.

  1. Menetukan harga jual buku

Menentukan harga dalam setiap eksemplar buku tentu haruslah dengan perhitungan yang matang. Agar buku kita dapat diterima dan bersaing dipasaran. Harga termasuk hal yang sangat sensitive untuk itu, hitunglah berapa pengeluaran dalam menerbitkan buku.

Ada cara jitu dalam menentukan harga buku yaitu dengan menggunakan rumus biaya penyuntingan, layout, ISBN, cover dibagikan jumlah oplag buku lalu kemudia dikali lima, enam bahkan tujuh lalu kemudian hasil tersebut dapat anda gunakan sebagai harga buku anda.

Misalnya total biaya produksi Rp. 5.000.000 dibagi jumlah cetak buku 1000 ekslempar menjadi Rp. 5000 kemudian dapat dikali 5 sehingga hasilnya menjadi 25.000. nah dari hasil tersebut dapat kita gunakan untuk harga buku kita atau bisa juga kita kalikan enam atau tujuh. Tidak sulit bukan?

Baca Juga : Menerbitkan Buku Dengan Self Publishing

  • Mendistribusikan buku

Dalam mendistibusikan buku ditoko-toko buku terkenal seperti gramedia dan sebagainya ataupun dipasaran. Kita tidak perlu terjun langsung namun cara yang efektif ialah dengan bekerja sama dengan perusahaan distributor.

Merakalah yang akan mendstribusikan buku kita. Untuk itu, pilihlah perusahaan yang memang sudah professional dan terpercaya. Selain itu, dalam dunia yang serba canggih ini tentu kita dapat memanfaatkan internet sebagai media untuk mendistribusikan buku kita. Seperti yang kita ketahui bahwa cara ini memang begitu efektif pada masa kini.

Begitulah step by step yang harus dilalui ketika memilih self publishing dalam menerbitkan naskah. Tentu hal tersebut sangat membantu dan mempermudah penulis dalam berkarya. Namun, dalam mendistribusikan buku memerlukan strategi pemasaran yang matang agar buku yang kita terbitkan melalui self publishing dapat mencapai target sasaran.

Karena self publishing atau Penerbit Indie merupakan penerbitan buku dalam skala kecil yang tidak begitu terkenal seperti halnya penerbit mayor. Ayo, gunakan self publishing sebagai jurus jitu untuk mencetak karyamu. Selamat berkarya!!