sumber foto: pxhere.com

Apa yang akan membuat pembaca datang dan membaca postingan yang ada di dalam blogmu? Secara umum, ada tiga hal yang ingin dilihat pembaca dari postingan yang kamu buat, yaitu:

  • Solusi untuk Masalah yang Dihadapi. Pembaca akan terburu-buru mengklik judul sebuah postingan blog dan membacanya jika mereka pikir hal tersebut akan membantu mereka. Mungkin karena tidak ada yang mau membuang waktu, jadi pembaca ingin cepat mengantongi informasi yang bermanfaat. Ketika pembaca menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi, maka  mereka akan mencoba hal tersebut.
  • Panduan Tentang Hal Tertentu. Para pembaca datang ke suatu blog juga dengan alasan ingin mempelajari berbagai hal dan jika mereka menemukan tutorial atau cara yang dapat mereka ikuti, maka mereka akan membaca postingan tersebut. Postingan tentang “how-to” merupakan salah satu yang paling populer di blog. Hampir semua niche blog yang membuat postingan dengan topik ini akan menarik pembaca.
  • Alat atau Cara yang Berguna untuk Menyelesaikan Sesuatu. Kamu mungkin menawarkan alat atau cara yang berguna serta bermanfaat dengan menuliskannya di dalam konten atau menyebutnya secara langsung di judul artikel blog. Setelah pembaca mengetahui bahwa kamu selalu membagikan alat-alat yang bermnafaat atau cara-cara yang mudah diikuti, maka pembaca akan terus menantikan postingan blog darimu.

Lalu, jika artikel yang kamu buat telah memenuhi salah satu dari persyaratan di atas, mengapa masih banyak pembaca yang tidak membaca konten di dalam blogmu? Setelah membuat artikel yang bermanfaat, kamu harus memoles dan memformat artikel blog yang kamu miliki hingga menjadi menarik untuk dibaca.

Apa yang harus kamu lakukan saat memformat konten blog yang sudah kamu tulis? Berikut ini 7 tips psikologi yang harus kamu terapkan selama memformat artikel yang akan kamu posting di blog agar pembaca datang ke blog kamu.

Berikan Pratinjau dari Pesan Inti yang Dituliskan

Banyak blogger yang melakukan hal ini sebagai strategi untuk membuat pembaca mencari tahu sesuatu yang menakjubkan di dalam konten yang ditulis dan mereka akan membaca artikel tersebut hingga selesai.

Kamu dapat memberikan petunjuk apa yang akan kamu bahas di dalam artikel tersebut, mengapa pembaca harus membaca artikel yang sudah kamu tulis, dan apa yang akan terjadi dengan pembaca jika mereka terus membaca artikel tersebut hingga selesai. Ketika tujuan kamu adalah melibatkan pembaca dan kamu yakin bahwa konten tersebut pasti akan membantu pembaca kamu, maka kamu dapat memberikan gambaran tersebut sejak awal paragraf.

Pembaca akan semakin tertarik jika kamu memberikan bocoran tentang rahasia atau tips hebat yang akan kamu bagikan di dalam artikel yang kamu tulis.

Tambahkan Contoh Ke Dalam Konten

Ketika kamu menyampaikan topik dan gagasan di dalam artikel kamu dengan cara yang lebih sederhana, mudah dipahami, jelas, dan asli, maka pembaca kamu akan lebih tertarik dengan hal ini.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat pembaca lebih memahami artikel yang kamu buat adalah dengan menambahkan contoh ke dalam artikel yang kamu tulis. Menambahkan contoh ke dalam konten bukan hanya akan membantu pembaca memahami konsep dari gagasan yang coba kamu jelaskan, namun juga akan membantu mereka mengerti esensi dari topik yang dibahas.

Ada tiga manfaat contoh yang kamu masukkan ke dalam konten di blogmu:

  • Contoh akan membangun kepercayaan pembaca terhadap penulis artikel
  • Contoh akan mengautentifikasi sudut pandang yang kamu hadirkan
  • Contoh akan memberikan pengaruh kepada kamu untuk menjelaskan topik yang dibahas

Ketiga manfaat tersebut akan membuat kamu lebih dekat dengan pembaca yang datang ke blogmu. Ketika pembaca memahami sudut pandang yang kamu jelaskan, kemungkinan mereka akan selangkah lebih maju untuk  mengikuti kamu dan blogmu.

Gunakan Seni Bercerita Sepanjang Penulisan

Mendongeng atau bercerita merupakan suatu seni yang hebat. Mendongeng akan melibatkan gaya, pengetahuan, dan semangat dari penontonnya,

Ketika kamu memiliki kemampuan untuk melakukan hal ini saat menulis artikel, maka kamu akan membuat artikelmu bekerja dengan sebaik-baiknya.

Bercerita merupakan sesuatu yang akan memukau pendengar.

Kamu dapat melihat bagaimana seorang ibu dapat membuat anak-anaknya tidur saat membacakan dongeng. Kamu juga dapat melihat saat seorang tenaga marketing berhasil menjual barangnya hanya dengan menceritakan suatu kisah kepada pelanggannya.

Saat kamu ingin menarik perhatian dari pembaca kamu dan membuat pembaca kamu menilai artikel yang kamu baut sebagai sesuatu yang luar biasa, kamu dapat menggunakan teknik bercerita.

Jadilah Problem Solver (Penyelesai Masalah)

Kamu sudah mengetahui bahwa salah satu alasan pembaca datang ke suatu blog adalah mencari penyelesaian dari masalah yang mereka hadapi. Kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk menarik minat pembaca datang ke blogmu.

Jika kamu memiliki tools atau cara yang dapat menyelesaikan masalah yang sering dihadapi oleh pembaca, maka hal ini akan menjadi materi yang bagus untuk konten artikel yang kamu buat.

Misalnya, kamu biasa menggunakan Visme untuk membuat infografis. Kamu dapat membagikan review tentang website ini sebagai tools yang hebat untuk membuat spanduk, infografis, dan grafik lainnya untuk kegiatan sehari-hari.

Jika kamu memiliki tools lainnya yang dapat membantu pembaca kamu, maka kamu dapat menuliskannya di artikel yang berbeda. Sebagai contoh, kamu membahas extensi chrome Nimbus yang dapat mengambil screenshoot atau canva yang membantu kamu membuat postingan instagram dan facebook yang menarik. Karena kamu merasa tools ini membantu aktivitas kamu, maka kamu dapat merekomendasikannya kepada pembaca.

Tambahkan Sumber dan Referensi yang Berbeda

Mencampur media yang berbeda dan menambah referensi di dalam konten yang kamu buat akan lebih bermanfaat untuk melibatkan pembaca di dalam artikel tersebut. Sumber yang kuat tidak hanya membantu kamu untuk memperkuat sudut pandang penulisan kamu, namun juga akan menambah nilai pada pekerjaan yang kamu lakukan.

Blogger yang sukses umumnya akan menggunakan berbagai situs sebagai bahan referensi konten di blog mereka.

Mereka akan mengambil berbagai sumber, seperti Youtube hingga Slideshare. Apapun sumber yang relevan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Semakin kamu melibatkan banyak sumber, semakin kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan untuk membuat artikel yang bermanfaat. Artikel yang bermanfaat akan semakin menarik bagi pembaca dan kemungkinan besar membuat pembaca akan terlibat. Jika kamu menautkan banyak sumber di dalam postingan blogmu, maka hal ini akan menggambarkan kerja keras yang sudah kamu lakukan. Pembaca setidaknya akan menghormati kerja keras kamu ini.

Sorot Artikel Penting yang Pernah Kamu Tulis

Kamu mungkin sudah sering memasukan tautan ke artikel lainnya di blog kamu dan meletakkannya di bagian akhir postingan. Namun, pembaca biasanya tidak mengklik artikel terkait yang kamu tautkan secara otomatis. Mereka akan masuk ke artikel tersebut jika merasa artikel ini memiliki kaitan dengan artikel yang sedang mereka baca.

Ada beberapa keuntungan jika kamu menautkan artikel yang relevan di akhir penulisan. Tiga keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah:

  1. Kamu mendapatkan tautan internal di blog kamu
  2. Peluang pembaca untuk bertahan lebih lama di blog kamu
  3. Memandu pembaca untuk menemukan artikel terkait