sumber foto: pxhere.com

Kebanyakan orang saat memulai untuk menjadi blogger, mereka memulai dengan blog gratisan yang disediakan di berbagai platform blog, misalnya Blogger, WordPress, atau Wix. Blog-blog ini mudah digunakan dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Sehingga untuk mereka yang ingin mulai membuat dan belajar mengelola blog, layanan cukup ideal.

Ketika blog kamu diteribitkan dan pengunjung blog kamu mulai meningkat, kemungkinan besar kamu akan mulai menemuiketerbatasan dari platform blog gratisan. Kamu akan mulai berharap bawah kamu memiliki layanan yang lebih baik dan membawa blog kamu ke tingkat berikutnya.

Meskipun layanan blog gratisan memiliki banyak fitur yang hebat, namun fitur-fitur ini tidak selalu ideal untuk blogger yang ingin mengelola blog dengan serius. Kamu sudah hampir pasti akan menemui waktu ketika kamu bertanya pada diri sendiri apakah sudah saatnya kamu membuat investasi yang lebih besar dan membuat blog mandiri yang akan kamu kelola.

Jika kamu tidak yakin dengan hal ini, kamu dapat mengenali tanda-tanda yang kamu miliki yang menunjukan sudah saatnya kamu memiliki blog pribadi yang akan kamu kelola dengan lebih serius. Berikut ini adalah enam tanda yang dapat kamu amati pada diri kamu sendiri.

  1. Kamu Serius Saat Melakukan Semua Aktivitas Blogging

Jika kamu melakukan blogging sebagai hobi, maka kamu akan sesekali memperbarui blog tersebut untuk memberitahu teman dan keluarga apa yang kamu lakukan. Mungkin juga kamu ingin berbagi kepada dunia mengenai pemikiran yang kamu miliki.

Jika kamu tipikal blogger yang demikian, maka blog yang dihosting secara gratis mungkin sudah cukup.

Tetapi, jika kamu serius dengan dunia blogging dan ingin mengubahnya menjadi bisnis, maka kamu harus membangun pengikut yang besar. Kamu harus menjadi pemimpin pemikiran di suatu topik tertentu. Jika kamu menginginkan hal ini terjadi, maka kamu harus memiliki blog yang dihosting sendiri.

Ini merupakan suatu keharusan.

Kamu dapat memikirkan untuk menggunakan jasa hosting dan memilih domain web yang ingin kamu gunakan. Kamu mungkin perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan hal ini. Namun, saat kamu sudah serius melakukan hal ini, kamu akan mendapat bayaran yang setimpal dari dana yang sudah kamu investasikan.

  1. Kamu Ingin Menghasilkan Uang

Saat kamu memiliki blog yang sudah populer dan memiliki lalu lintas yang bagus, maka kamu dapat menghasilkan uang dari hal ini. Dalam beberapa kasus kamu dapat menghasilkan uang dari blog dengan memiliki iklan, tautan afiliasi, sponsor, penjualan produk, dan beberapa cara lainnya yang dapat kamu gunakan untuk memonetasi blogmu.

Masalahnya untuk memonetasi blog kamu saat kamu memiliki blog yang dihosting menggunakan layanan gratis tidak semuda dan sesederhana ketika kamu memiliki blog yang kamu hosting sendiri.

Biasanya, pada platform blog yang gratisan, kamu memiliki sedikit atau tidak memiliki kontrol sama sekali dengan iklan yang muncul di blogmu. Iklan yang dapat kamu munculkan pun terbatas pada iklan yang masuk ke jaringan iklan platform yang bersangkutan.

Belum lagi, penggunaan iklan ini tergantung pada layanan blog yang kamu gunakan. Tidak semua platform blog gratisan dapat digunakan untuk memasang iklan. Bahkan terkadang ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk memasang iklan di platform blog tersebut.

Salah satu contohnya adalah platform blog WordPress.com yang tidak mengizinkan pemasangan iklan dari jaringan pemasangan iklan online. Di halaman depan sebelum kamu menggunakan blog ini akan disebutkan bahwa kamu tidak dapat memasang iklan yang berasal dari AdSense, Buysellads, atau jaringan iklan lainnya.

Akan tetapi, saat kamu memutuskan untuk menghosting blog kamu sendiri dengan menggunakan jasa hosting terpercaya, kamu dapat memasang iklan apapun pada blog tersebut. Ada opsi yang lebih banyak untuk memonetasi blog kamu dan kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mengubah blog kamu menjadi sumber penghasilan.

  1. Kamu Ingin Memiliki Blog Dengan Desain Custom

Blog yang dihosting secara gratisan akan sangat cocok bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk mendesain situs blog yang dimiliki dan mengutak-atik tampilan halaman. Namun, jika kamu sudah serius menjalani dunia blogging, kemungkinan kamu akan mengembangkan beberapa ide tentang bagaimana tampilan blog yang kamu inginkan.

Kamu mulai ingin mengembangkan desain blog custom yang lebih akurat untuk mencerminkan brand dan niche yang kamu miliki.

Saat kamu mulai memiliki keinginan ini, itulah saatnya kamu beralih untuk memiliki blog yang dihosting sendiri. Ketika kamu memiliki blog yang kamu hosting sendiri, kamu dapat mendesain tampilan blog tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Misalnya kamu memiliki blog yang dihsoting menggunakan WordPress.org, maka kamu akan memiliki akses ke berbagai tema yang lebih beragam. Kamu dapat menyesuaikannya dengan gaya dan merek yang kamu miliki.

Selain itu, kamu memiliki akses ke berbagai tema gratis atau murah lainnya di internet yang dapat kamu gunakan di situs blogmu. Misalnya, kamu dapat mengunjungi situs ElegantThemes dan MyThemeShop untuk mendapatkan tema blog dengan harga murah.

  1. Kamu Ingin Memiliki Tools Blog yang Lebih Baik dan Banyak

Selain kamu dapat mendesain sendiri tampilan dari blog yang kamu miliki, jika kamu menghosting sendiri blogmu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari tools yang disediakan. Jika kamu menghosting menggunakan CMS WordPress, maka kamu akan memiliki tools tambahan dan plug-in yang akan membantu kamu meningkatkan dan mengembangkan blogmu.

Beberapa contoh plug-in yang banyak digunakan oleh blogger adalah plug-in untuk mengoptimalkan SEO di blog dan plug-in untuk menjalankan back-up otomatis semua data di blog. Plug-in ini akan membantu kamu menyimpan data berharga dari blogmu jika seandainya blog kamu diretas atau mengalami kendala.

Saat ini, sebagian besar platform blog gratisan seperti WordPress.com dan Bogger tidak mengizinkan penggunaan tools seperti ini. Jadi, jika kamu ingin memiliki tools-tools ini di blog kamu, kamu harus menghosting blog kamu dan membeli domain tersendiri untuk blogmu.

  1. Kamu Ingin Menambahkan Beberapa Fitur Seperti E-Commerce

Platform blog yang dihosting secara gratis dan memiliki situs induk seperti WordPress.com memiliki aturan yang ketat tentang e-commerce. Kamu hampir tidak mungkin menjalankan toko online dengan menggunakan platform blog gratisan. Kecuali kamu menjual produk yang kamu miliki atau buat sendiri.

Kamu dapat menginstall plug-in pembacayaran dengan PayPal. Namun, kamu hanya akan menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran. Tentu ini bukan pilihan yang mudah bagi bisnis online yang ingin kamu jalankan.

Selain itu, menambahkan fitur lain pada platform gratis, seperti podcast juga akan lebih sulit. Platform blog gratisan memiliki ruang database yang terbatas. Hal itu berarti kamu harus membeli ruang penyimpanan tambahan untuk menggunakan fitur tersebut.

Jika kamu memilih untuk membayar demi mendapatkan ruang penyimpanan ini, hal ini tidak lebih baik daripada membeli paket hosting blog sendiri. Kamu sudah akan mendapatkan ruang penyimpanan atau database yang tidak terbatas. Hal ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu selama mengelola blog tersebut.

  1. Kamu Ingin Kontrol dan Realibilitas Blog yang Baik

Last but not least, blog yang dihosting sendiri akan memberikan kamu kontrol yang lebih besar atas keandalam dan kinerja blog tersebut. Kecepatan memuat blog yang dihosting pada layanan gratisan akan bisa lambat dalam jam-jam sibuk.

Jika banyak orang yang mengakses blog di platform tersebut, maka hal ini dapat memperlambat akses ke blog kamu juga. Hal ini dapat membuat pembaca blog kamu merasa frustasi.

Selain itu, blog gratisan juga cenderung memiliki lebih banyak downtime karena ada banyak orang yang juga menggunakan platform tersebut untuk mengelola blog. Belum lagi, jika kamu menggunakan platform blog gratisan, kamu sebenarnya tidak memiliki kontrol yang penuh terhadap blogmu.

Kamu tidak dapat berbuat apapun jika seandainya pemilik platform tersebut menghentikan layanan platform blog tersebut. Seperti halnya tumbl.com yang beberapa waktu lalu diblokir oleh pemerintah. Mereka yang menggunakan tumblr sebagai wadah blogging tidak dapat melakukan apapun karena aturan ini.

Semua kerja keras dan postingan yang sudah dibuat harus direlakan tidak dapat diakses lagi.