sumber foto: pxhere.com

Membuat dan mempublikasikan konten yang hebat di blogmu terkadang tidak menjadi hal yang sulit. Namun, membuat pembaca menemukan dan membaca postingan yang sudah kamu buat merupakan hal yang lebih sulit dari sekedar menciptakan konten yang berkualitas.

Jadi, jika konten kamu tidak dibaca oleh siapapun, hal ini layaknya kamu menari di dalam kegelapan. Sekalipun tarian kamu bagus, tidak ada yang tahu kamu sedang menari kecuali kamu sendiri.

Apa yang sebenarnya membuat sebuah blog bekerja dengan baik daripada blog yang kamu miliki? Apakah blogger lainnya membuat artikel yang berkualitas untuk menjadi konten? Ya, tapi kamu juga melakukan hal ini.

Namun, selain artikel yang berkualitas, kamu juga harus strategi sehingga artikel yang kamu buat dapat sampai ke depan pembaca yang tepat. Artikel tersebut akan dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dimiliki oleh pembaca.

Sekarang, jika kamu tidak melakukan hal yang sama dengan yang blogger sukses lainnya lakukan, maka kamu tidak boleh mengharapkan hasil yang sama dengan yang mereka dapatkan.  Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak traffic ke blog kamu, mungkin kini saatnya kamu mengubah pendekatan yang kamu gunakan. Konten kamu harus lebih dipoles dan dikemas ulang untuk menjadikannya sebagai karya seni di dalam blogmu.

Lakukakanlah sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Namun, pilihlah tindakan yang akan bermanfaat dan memberikan hasil yang sesuai dengan yang kamu harapkan. Berikan pembaca kamu konten terbaik.

Jadi, apa hal-hal yang harus kamu lakukan untuk membuat pembaca lebih sadar tentang blog dan artikel yang kamu tulis di dalamnya?

Jadi, kamu dapat menggunakan 7 ide cemerlang ini untuk menarik pembaca datang ke blog kamu dan membaca setiap konten yang sudah kamu tuliskan.

  1. Ubah Postingan Blog Kamu Menjadi Slideshow

Cobalah lihat kembali salah satu konten yang paling berkualitas di dalam blogmu dan pilihlah poin-poin penting yang sudah kamu tuliskan di artikel tersebut. Kemudian, ubah poin-poin ini menjadi presentasi dengan formast PDF atau Power Point. Kemudian unggah presentasi yang sudah kamu buat secara gratis ke slideshare. Dengan begitu kamu dapat menampilkan saluran baru bagi pembaca kamu.

Kamu juga dapat memunculkan presentasi ini ke dalam blog kamu. Tampilannya akan jauh lebih menarik jika kamu menambahkan grafik berkualitas dengan template yang unik. Menggunakan template yang tepat akan membuat presentasi yang kamu sajikan menjadi berwana dan memikat bagi pembaca.

  1. Buat Kursus Online dari Tulisan di Blogmu

Cara lain yang dapat kamu coba untuk membuat konten yang sudah pernah kamu buat sebelumnya agar lebih memikat bagi pembaca adalag dengan merangkai beberapa postingan blog yang berkualitas pada topik tertentu dan mengubahnya menjadi e-course atau kursus online.

Kamu dapat membuat sistem kursus beberapa hari bagi pembaca kamu. Misalnya, buat kursus menulis novel selama 30 hari. Gunakan tulisan-tulisan tentang novel yang pernah kamu buat sebelumnya. Untuk memberitahu pembaca kamu, kamu dapat mengirimkan informasi pembukaan kursus ini ke mailing list yang kamu miliki sebagai newsletter.

Kirimkan setiap hari kepada pembaca baru ataupun pembaca lama kamu.

Hal ini akan membantu pembaca kamu untuk mencapai apapun yang sudah kamu janjikan.  Apapun ide kursus yang kamu pilih, pastikan kamu untuk membuat kursus yang akan bermanfaat bagi pembaca dan akan membantu mengedukasi mereka dengan topik tersebut.

  1. Ubah Penelitian yang Kamu Lakukan Menjadi Inforgrafis

Cara konvensional yang dapat kamu pilih untuk mempublikasikan hasil penelitian, survei atau ventuk riset lainnya adalah dengan membuatnya ke dalam postingan blog.

Namun, kamu dapat melakukan sesuatu yang berbeda dengan survei atau hasil riset yang kamu miliki dengan manampilkan hasil yang paling relevan, kemudian mempostingnnya sebagai infografis. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendapatkan seorang ahli infografis yang dapay membuat infografis yang menarik untuk kamu. Jika kamu dapat membuatnya sendiri, maka hal ini akan jauh lebih baik.

Kamu dapat membuat infografis yang menarik dengan memanfaatkan beberapa tools pembuatan infografis gratis, seperti canva atau easel.ly. Namun, jika kamu benar-benar memiliki cukup uang untuk menyewa seseorang yang lebih professional, maka ini tentu akan memberikan hasil yang lebih baik.

Setelah infografis kamu selesai, bagikan melalui beberapa saluran. Seperti email, blog, sosial media, dan beberapa cara lainnya.

  1. Ubah Pos yang Memiliki Numberring Menjadi Pos Tersendiri

Kamu mungkin memiliki beberapa pos yang memiliki numbering dan pos tersebut dibaca oleh pembaca kamu sebagai satu postingan lengkap. Kamu dapat mengubah pos yang kamu miliki ini menjadi pos yang lebih mandiri.

Misalnya kamu memiliki sebuah artikel dengan judul “20 Cara Menulis Novel dengan Mudah Bagi Pemula”. Kamu dapat memecah artikel ini untuk mendapatkan lebih banyak artikel yang akan kamu posting. Sebanyak 20 daftar yang kamu miliki di artikel ini dapat kamu ubah menjadi 10 atau lebih pos baru. Buatlah satu artikel untuk satu cara yang kamu bahas di artikel “20 Cara Menulis Novel dengan Mudah Bagi Pemula”.

Kamu akan mendapatkan artikel baru yang lebih menarik dan mendatangkan traffic baru ke dalam blog yang kamu kelola.

  1. Kumpulkan Postingan Lama di Blog Kamu dan Ubah Menjadi Ebook

Cobalah lihat kembali postingan-postingan lama yang ada di dalam blog kamu. Kemudian pilih postingan terbaik pada topik tertentu. Ambil postingan tersebut dan kemudian kumpulkan untuk menjadi materi ebook. Kamu dapat menggunkan beberapa tools yang dapat mengubah materi blog kamu menjadi ebook agar pekerjaan ini menjadi lebih mudah.

Setelah kamu membuat ebook tersebut kamu dapat mengunggahnya ke beberapa situs yang memberikan layanan ebook gratis, menjualnya, atau mungkin mempostingnya untuk diberikan secara gratis kepada pembaca kamu. Di dalam ebook tersebut jangan lupa untuk menyematkan alamat blogmu.

Mungkin juga kamu ingin menyelipkan link afiliasi sehingga kamu akan memperoleh pendapatan baru dari ebook tersebut. Kamu dapat memilih pilihan yang menurut kamu akan paling menguntungkan bagi kamu dan blogmu.

  1. Ubah Blog Kamu Menjadi Podcast

Apakah kamu tahu bahwa banyak orang yang tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk membaca setiap postingan yang ada di blog? Apa yang akan kamu lakukan dengan mereka yang hanya punya waktu 5 menit untuk melihat dan datang ke sebuah blog? Haruskah kamu mengabaikan mereka? Mungkin tidak.

Untuk mengantisipasi pembaca yang demikian, kamu dapat mengubah postingan kamu menjadi rekaman video dan audio. Kemudian unggah dalam bentuk podcast. Kamu dapat menggunakan situs hosting podcast seperti SoundCloud, Podomatic, BuzzSprout, atau Libsyn.

Kamu dapat menuliskan keterangan alamat blog kamu di podcast yang kamu upload. Selain itu, jangan lupa untuk membuat postingan khusus di blog kamu dengan menautkan link podcast yang kamu miliki.

Para pembaca yang sibuk akan mudah mengunduh podcast dan mendengarkannya di sela-sela aktivitas yang mereka miliki. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik minat pembaca, namun kerap diabaikan oleh banyak blogger.